Thursday 3 November 2016

MENGANALISIS MENGENAI FUNGSI KELUARGA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SEORANG ANAK


Potret Keluarga
Kepribadian adalah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian seseorang terbentuk dari hasrat-hasrat biologis dan bakat-bakat naluri yang sudah ada. Kepribadian baru akan berkembang sepenuhnya melalui proses belajar terhadap lingkungan sosial. Kepribadian seseorang juga dipengaruhi oleh adanya kelompok manusia lainnya. Hal itu dikarenakan kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang tidak mungkin dapat hidup sendiri. Kelompok manusia pertama yang memengaruhi kepribadian anak adalah keluarga. Karena dari keluargalah seorang anak mengalami proses sosialisasi dalam keluarga tersebut. Seorang anak belajar untuk memahami, menghayati, dan merasakan segala aspek kehidupan yang dialami oleh si anak pertama kali. Keluarga memiliki pengaruh yang sangat penting dalam hal pembentukan karakter suatu individu.


Pendapat umum (Masyarakat)
Proses pembentukan kepribadian manusia ditentukan oleh potensi yang di miliki oleh si anak yaitu dalam lingkungan keluarga kemudian berlanjut pada pendidikan masyarakat dan lembaga pendidikan. Dengan demikian peran atau fungsi keluarga dalam pembentukan kepribadian anak sangat besar yang harus di lakukan oleh orang tua dalam pembentukan kepribadian anak.

Pendapat pribadi saya
Manusia ialah makhluk sosial. Manusia merupakan makhluk hidup yang tidak lepas dari bersosialisasi dalam kehidupan sehari-harinya. Dan oleh sebab itu, tiap manusia sangat bergantung pada lingkungan bersosialisasinya dan manusia tersebut sangat dipengaruhi oleh lingkungannya dalam membentuk kepribadiannya. Dan keluarga merupakan media yang pertama kali mengenalkan kehidupan sosialisasi
yang kemudian dapat mengembangkan sikap dan kepribadian dari individu tersebut kelak. Oleh sebab itu keluarga menjadi faktor penting dalam membangun kepribadian dari si anak yang diharapkan menjadi pribadi yang positif dalam lingkungannya.

No comments: