Friday 7 October 2016

Perkembangan Teknologi Printer

Printer (Pencetak) adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Pencetak biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil picker sebagai alat mengambil kertas dari baki . Baki ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau tinta bubuk toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau tinta bubuk yang digunakan untuk menulis/mencetak pada kertas. Perbedaan tinta bubuk dan tinta ialah perbedaan sistem; tinta bubuk atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau sembur tinta tak butuh pemanasan, hanya pembersihan pada hulu pencetak (print-head) tersebut. mencetak di atas kertas, kain, kaca, film putih, ebonit, dll. Ada pula kabel lentur untuk pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk. Kabel ini tipis dan lentur, namun kuat. Pada bagian belakang pencetak biasanya ada colokan sejajar atau USB untuk penghubung ke komputer.

Teknik cetak mencetak sudah dilaksanakan secara sederhana di Cina pada abad ke-14. Inovasi orang-orang Cina telah berhasil menciptakan tinta dan block printing yang berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tetapi perkembangan teknik cetak di Cina tidak sehebat dengan perkembangan yang terjadi di Eropa. Hal ini terjadi disebabkan alfabet Cina memiliki ribuan ideogram spesifik, yang sangat sukar jika diterapkan di mesin tik. Akibatnya, hampir tidak ada perubahan yang berarti dalam hal efisiensi produksi di Cina sebagaimana yang terjadi di Eropa.

Di awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa yang menimbulkan kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah. Adalah Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang telah mengubah tehnik mencetak secara revolusioner. Percetakan sendiri mungkin merupakan penemuan yang paling penting pada millennium lalu, walaupun dampak yang ditimbulkannya pada perekonomian global tidak terlalu besar. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yang diproduksi secara massal. 

Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg (sekitar 1398 - 3 Februari 1468) adalah seorang pandai logam dan pencipta berkebangsaan Jerman yang memperoleh ketenaran berkat sumbangannya di bidang teknologi percetakan pada tahun 1450-an, termasuk aloy logam huruf (type metal) dan tinta berbasis-minyak, cetakan untuk mencetak huruf secara tepat, dan sejenis mesin cetak baru yang berdasarkan pencetak yang digunakan dalam membuat anggur.





Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg

Printer yang merupakan sebuah Hardware (perangkat keras) yang dihubungkan ke komputer. Printer mempunyai fungsi sebagai alat untuk menghasilan/menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa gambar atau tulisan dari komputer ke kertas atau sejenisnya. Printer biasanya ada beberapa bagian dan juga ada beberapa jenis.


 1. Dot-matrix Printer
     Printer Dot-Matrix merupakan pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. ketika mencetak suaranya cenderung keras serta kualitas gambar kurang baik dan bagus karena yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan.
     Namun kini masih banyak digunakan karena memang terkenal awet. Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan tinta untuk printer jenis lain.
Fujitsu DL 3750+




     2. InkJet Printer
     Printer merupakan yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Proses pencetakkannya menggunakan semprotan tinta yang diatur komputer, ke media cetak guna menghasilkan karakter ataupun gambar yang diinginkan. Printer ini tidak menimbulkan suara berisik seperti halnya printer sebelumnya.

     Karena resolusi cetak yang tinggi (minimal 300 DPI), maka hasil cetakkan printer jenis ini biasanya lebih bagus apabila dibanding dengan printer sebelumnya, khususnya dalam menghasilkan gambar ataupun grafik. Kelemahan printer jenis ini adalah, tidak bisa mencetak secara rangkap pada saat yang bersamaan.

Epson WorkForce 30


     3. Laser-Jet Printer
     Memakai sistem yang hampir sama dengan mesin foto-copy, sehingga cetakkannya lebih rapi jika dibanding printer sebelumnya. Pencetakkan printer ini dilakukan dengan memfokuskan gambar yang akan dicetak titik demi titik yang dilakukan oleh semi conductor laser dimana output yang dihasilkan sangat memuaskan, maka sangat cocok digunakan dalam dunia percetakan. Selain itu, pilihan huruf yang dimiliki juga sangat beragam.
HP LaserJet Pro P1108



     4. Digital Printer
     Keunggulan foto kamera digital hampir tenggelam oleh terbatasnya tempat yang menyediakan jasa cetak foto digital. Sekarang dapat dijumpai printer portable yang dapat mencetak foto digital secara cepat dan pengoperasian yang sederhana. Printer ini mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa membutuhkan perangkat komputer.

HP Designjet Z5200



     5. All-in-One Printer


     Printer jenis ini mulai banyak digemari karena dilengkapi dengan banyak fitur dan fasilitas. Berbagai fitur peralatan kantor dasar menjadi satu di dalam printer ini. Beberapa jenisnya dilengkapi fitur unggulan dalam hal cetak (print), salin (copy), pemindai (scanner), hingga mesin fax menjadi satu di dalam printer ini. Beberapa juga sudah menggunakan layar LCD warna untuk menampilkan operasi yang sedang berjalan maupun hasil jadi dokumen yang akan dicetak.

     Printer jenis ini juga menggunakan piranti koneksi lengkap mulai dari port USB standard, network (Ethernet), wifi, hingga Bluetooth.

Epson L550



     6. 3D Printer

     Sudah masuk ke Indonesia sejak lima tahun terakhir. Pada printer 2D, kita hanya memperoleh obyek yang tercetak di atas kertas. Sementara printer 3D adalah hasil cetakan berupa benda padat namun tidak hanya bisa dilihat, tapi juga memiliki volume, berat dan bisa dipegang/diraba bentuknya. Berbagai mesin cetak 3D telah dikembangkan dan sudah bisa diperoleh diIndonesia, meski harganya masih cukup mahal.

Berbagai bisnis startup kini bermunculan karena kehadiran printer 3D antara lain :
1) Make Eyewear, yang bisa mencetak kacamata dan aksesorisnya yang diperlukan.
2) Tecnologia Humana 3D, mencetak replika janin bayi dalam wujud 3D setelah melakukan USG bagi para ibu hamil.
3) Spuni, mencetak produk keperluan bayi, seperti sendok makan yang bentuknya disesuaikan dengan bentuk mulut bayi.
4) Thinker Thing, bisnis startup printer 3D tercanggih, yaitu memindai konsep yang ada di kepala kita, yang ditangkap ke dalam bentuk visual menggunakan komputer, kemudian dicetak menggunakan printer 3D menjadi satu replika.
5) Shapeways, mencetak model atau prototipe yang dipesan dari seluruh dunia melalui jalur online.

MakerBot Replicator Printer 3D




http://www.fujitsu.com/id/Images/W-DK32605_tcm114-897047.png
http://www.plimbi.com/article/69881/cara-kerja-printer/
http://www.stardataservice.com/2013/03/sejarah-printer-teknologi-printing.html/
http://rina.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/12/18/perkembangan-teknologi-printer/
http://ockyhafidz.blogspot.co.id/2012/10/printer-dari-gnerasi-pertama-hingga.html
http://www.beritaempat.com/perkembangan-printer-3d-di-indonesia/
http://www.epson.com/alf_upload/images/products/wf30_fca-oor_690x460.jpg
http://product-images.www8-hp.com/digmedialib/prodimg/lowres/c02949158.png
https://www.epson.eu/files/assets/converted/550m-550m/l/5/5/0/l550-hi-res04.jpg.jpg

No comments: